DILARANG MEMOTRET MEMAKAI SANDAL :D

Setiba di Kantor Wali Kota, di ruang aula yang amat lapang, orang-orang sedang ramai. Acara belum dimulai. Aku bersandar di tembok sambil menikmati kegaduhan. Sebagai orang baru, aku belum banyak mengenal pahlawan dari media lain. Kalaupun ada, paling satu atau dua orang. Itu pun wartawan yang kerap meliput di daerah, bukan di kantor pemerintahan. Jadilah aku seperti semut merah yang tersesat di sarang rangrang. Asing. Hanya menikmati orang-orang yang sibuk bergerombol dan bersenda gurau. Pada saat itulah aku memutuskan untuk duduk di kursi paling belakang. Namun, setiba di kursi yang dituju, ada sesuatu yang menyita perhatianku: pengumuman –sebenarnya lebih tepat disebut larangan– yang ditulis dengan huruf kapital, besar-besar, tampaknya dari spidol merah di selembar karton manila berwarna putih.

“DILARANG MEMOTRET MEMAKAI SANDAL!”

Meskipun tidak menyebut kepada siapa pengumuman itu ditujukan, pastilah larangan itu dikhususkan bagi kaum wartawan. Aku makin merasa tidak nyaman. Siapa pula yang akan memotret pakai sandal? Apa hubungannya antara berita dengan sandal? Tatkala acara dimulai, aku tidak bisa berkonsentrasi. Apalagi tak ada kejadian yang menarik. Tak ada sesuatu yang layak diangkat sebagai berita. Hanya kegiatan rutin: pelantikan dua orang camat dan seorang sekwilcam (sekretaris wilayah kecamatan).

Tepat saat memasuki acara inti, aku membuka sepatu. Bagian kanan aku letakkan di bawah kursi yang aku duduki, bagian kiri aku tenteng ke depan. Ketika wartawan lain maju dan menjepret kegiatan pelantikan itu, aku merangsek ke depan dan bergaya layaknya seorang wartawan sedang memotret sebuah peristiwa. Namun, aku tidak pakai tustel.

Aku pakai sepatu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s